Saturday, July 31, 2010

Pain is inevitable. Suffering is optional.


"meski, kau terus sakiti aku, cinta ini akan selalu memaafkan, dan aku percaya nanti engkau, mengerti bila cintaku takkan mati" ~Rama - Bertahan

Bertahan, mencoba bertahan pas keadaan hubungan lo udah engga baik, pas segalanya serba sulit, pas udah engga ada jalan keluar, pas kita udah engga nemuin kebahagiaan, dan kita masih bisa bertahan itu adalah suatu hal yang luar biasa.
Percaya atu engga ya, pas lo sayang yang sangat luar biasa sama seseorang, lo bakal maafin semua kesalahan dia, lo bakal ngertiin semua sifat buruk yang ada di dia, lo bakal berkorban apapun buat dia. mungkin karena rasa sayang lo yang tulus sama dia dan rasa tidak mau kehilangan.
kadang, lo masih bertahan sama orang yang bener-bener nyakitin lo hanya karena rasa sayang lo ke dia. tapi jangan karena lo sayang sama dia, lo harus ngorbanin segala hal terkecil dalam hidup lo buat dia.

Putus itu seperti amputasi, lo selamat tapi ada yang kurang dalam diri lo.
ya putus sama orang yang bener bener lo sayang mungkin bisa diibaratkan seperti itu, lo putus, lo ngelepas semua beban lo tapi pasti ada yang hilang dalam diri lo dan pasti ada yang kurang dalam hidup lo. hem kaya judul diatas, sakit itu pasti tapi penderitaan adalah pilihan.

Kalo lo bener-bener sayang sama sesuatu, biarin dia bebas, kalo dia datang kembali itu berati punya lo, kalo engga itu bukan hal yang dimaksudkan untuk terjadi.
Tapi sekarang coba lo pikir-pikir, kalo emang dalam hubungan lo udah engga ada yang perlu di pertahanin, udah engga ada yang bikin lo bahagia, udah engga ada rasa nyaman, yang ada cuma berantem, buat apa lo bertahan? ya lagi-lagi karena engga mau kehilangan dan belum siap kehilangan. kalo ditanya siapa sih yang siap kehilangan? engga ada yang siap, siapa sih yang mau kehilangan orang yang disayang? engga ada yang mau. tapi lo juga harus mikirin kebahagiaan lo, gue pernah blg sama temen gue "masih banyak ikan dilaut" temen gue jawab "tapi engga ada yang kaya dia" iya emang engga ada manusia yang sama, tapi dulu dia juga sama kaya orang2 yang lain, yang bikin beda adalah pandangan lo terhadap dia, yang bikin beda adalah lo yang membuat dia spesial buat lo, dan kalo lo punya kemauan buat mengganti dia yang udah nyakitin lo di hati lo, pasti ada jalan. lo harus inget, kalo lo udah mutusin suatu pilihan dalam hidup lo, tuhan pasti punya rencana dibalik itu semua.
Hubungan itu seperti gelas, kadang lebih baik meninggalkan mereka rusak daripada untuk mencoba menyakiti diri sendiri dan meletakannya kembali bersama-sama. kadang ada hubungan yang tidak bisa diperbaiki, itu adalah lebih baik untuk move on, sedih memang, tapi itu sering sekali benar. Kalo lo mampu sepenuhnya memisahkan diri, lo bisa bebas, lo bisa kaya daun yang mengambang di air, engga tau kemana air akan membawa lo, tapi ini adalah kebebasan sejati. oke sekali lagi putus atau bertahan adalah pilihan lo, lo yang ngejalanin hubungan, lo yang ngejalanin gimana hidup lo harus terus. berjalan.

No comments:

Post a Comment