Sunday, July 25, 2010

Karma



"dan ketika kita merasakan kepedihan yang orang lain rasakan karena ulah kita, dan jika orang lain juga merasakan kepedihan yang sama bahkan lebih akibat ulah dirinya terhadap diri kita. itu yang disebut KARMA"

Seperti gravitasi, karma begitu mendasar kita sering tidak menyadarinya

semua kebaikan pasti akan dibalas oleh kebaikan, dan semua kejahatan akan dibalas oleh kejahatan pula. lain ceritanya dengan kebaikan dibalas kejahatan dan kejahatan dibalas dengan kebaikan, maybe itu yang sering dan jarang terjadi sekarang dalam kehidupan nyata..........

setiap kali sebelum kita mengambil sebuah keputusan yang berat selain kebahagiaan kita juga pasti akan berfikir tentang karma, kita selalu memikirkan apa yang akan kita terima jika kita memilih dan ternyata itu salah lalu melukai hati seseorang. yang kita inginkan adalah memilih sesuatu yang benar,tetapi kebenaran selalu jauh dari pandangan mata.

ketika posisi kita menjadi seseorang yang teraniaya hatinya,tersiksa,ataupun terpukul akibat ulah orang lain, kita selalu mempunyai perasaan ingin membalas dendam terhadap apa yg telah diperbuat oleh orang itu. padahal kita tidak perlu melakukannya, karena percaya atau tidak karma itu ada dan orang tersebut akan mendapatkan balasan yang setimpal bahkan lebih dengan apa yang telah ia perbuat selama ini. Tuhan selalu adil kepada umatnya, dan keadilan selalu berpihak kepada seseorang yang membutuhkannya.

seperti kata pepatah "siapa yang menanam dia pula yang akan memetik buahnya" pertanyaannya buah apa yg akan kita petik? buah yang segar dan manis atau buah yang busuk dan layu? itu semua tergantung dengan cara kita memelihara dan merawat tumbuhan itu, jika kita menginginkan buah yang segar dan manis maka kita harus sering-sering menyirami dan memupuknya, tetapi jika kita malah mengabaikannya dan tak pernah merawatnya makan buah yang seharusnya manis itu akan menjadi buah yang busuk dan layu. sama halnya dengan kehidupan nyata, jika kita ingin di perlakukan dengan baik oleh orang lain maka berlakulah baik kepada orang itu dan tentu jika orang lain ingin kita perlakukan dengan baik maka orang itu harus mempunyai perlakuan baik oleh kita. tapi tidak berarti jika orang lain jahat kita harus memperlakukan hal yang serupa jahat bahkan lebih jahat drpd yang ia lakukan, yang harus kita lakukan adalah berdoa agar dia diberi kesadaran oleh yang maha Kuasa dan percaya bahwa "karma" itu ada dan selalu ada.

karma bisa terjadi melalui perantara apapun, bisa melalui orang lain, diri kita sendiri, ataupun tanpa melalui perantara. karena semua itu adalah kehendak Tuhan YME, apapun yang terjadi dalam hidup kita baik sedih,bahagia,sakit,kecewa,dll kita harus tetap bersyukur dengan apa yg sudah diberikan oleh-Nya. karma tercipta untuk sebuah keadilan,kebenaran,dan agar semua manusia di bumi ini mengerti dan memikirkan dua kali sebelum ia berbuat sesuatu.
sooo let's think twice before you choose something, and be a nice people :)

No comments:

Post a Comment